10 Lukisan Ikonik yang terkenal di Dunia

Lukisan adalah karya seni yang sangat indah dengan tujuan untuk mengabadikan objek lukis tersebut dalam bentuk karya 2 dimensi keatas media lukis seperti kain kanvas atau kertas gambar dan memanfaatkan goresan cat warna yang beragam. Lukisan tidak hanya menampilkan sudut pandang keindahan, tetapi juga memiliki pesan & menjadi bukti sejarah perkembangan peradaban manusia yang tercatat dalam hasil karya seni.

Di dunia ini banyak karya lukis fenomenal yang dibuat oleh seniman lukis terkenal di dunia. Lukisan di terkenal di dunia akan bersifat ikonik dan berpredikat masterpieces.
Berikut ini adalah daftar Lukisan ikonik yang terkenal di dunia.




1. Lukisan Mona Lisa
Mona Lisa atau dalam bahasa Prancis La Gioconda. Karya lukis ini dibuat oleh seniman terkenal, Leonardo Da Vinci pada abad ke-16. Aliran karya lukis ini perpaduan Realisme & Romantisme. Lukisan tersebut saat ini menjadi hak milik pemerintah negara Prancis dan disimpan di Museum Musée du Louvre di Paris.
Sumber gambar: anton-nb.com
Objek lukis tersebut konon adalah seorang wanita yang bernama Lisa Gherardini. Judul lukisan menggunakan kata Mona Lisa memiliki arti Nyonya Lisa dalam bahasa Italia. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius. 


2. Lukisan The Persistence of Memory
The Persistence of Memory dilukis oleh Pelukis terkenal Salvador Dali pada Tahun 1931. Lukisan ini memiliki aliran Surealisme. Lukisan ini tersimpan di Museum of Modern Art (MoMA) di Amerika.
Sumber gambar: kopikeliling.com
“The Persistence of Memory” ini sendiri memiliki makna yang sangat dalam yang membuat lukisan ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Pada lukisan tersebut, terdapat beberapa simbol yang dapat kita lihat secara kasat mata. Simbol-simbol tersebut antara lain, sebuah bukit, jam, gurun, dan semut.  Menurut sang pelukis, makna umum dari lukisan ini adalah time has no meaning”. Banyak sekali persepsi yang mengartikan apa makna dari lukisan ini. Namun, untuk benar-benar mengartikan lukisan “The Persistence of Memory” ini, satu-satunya cara adalah untuk memahami dan merasakan apa yang Dali rasakan ketika ia melukis lukisan ini. 


3. Lukisan Starry Night
Lukisan Starry Night merupakan lukisan yang menakjubkan dan penuh misteri ini dilukis oleh Vincent van Gogh pada tahun 1889. Starry Night dilukis dari ingatan sang pelukis dan tidak berdasarkan referensi alam. Lukisan ini memiliki paduan aliran Ekspresionisme & Impresionisme.
Sumber gambar: serupa.id
Pemandangan malam yang sangat spiritual dan penuh dengan ekspresi emosi batin. Namun kekacauan yang tampak lagi-lagi dapat ditumbangkan oleh pengaturan formal yang apik dan rapi. Starry Night terkenal karena dianggap melampaui praktik melukis terhadap representasi dunia fisik. Pola-pola misterius yang tersaji dalam lukisan mungkin menggambarkan kerumitan otaknya. 


4. Lukisan The Scream
Karya Lukis yang bernama The Scream yang berarti “jeritan” ini adalah karya seniman lukis Edward Munch yang berasal dari Norwegia. Lukisan ini dibuat pada tahun 1893 dan saat ini berada di Museum National Gallery di Oslo Norwegia.
Sumber gambar: wikipedia.org
Lukisan dengan aliran Ekspresionisme ini menggambarkan seseorang yang mengalami kecemasan eksistensial, dengan background cakrawala senja berwarna merah akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Menurut beberapa pengamat, objek lukis orang yang menjerit tersebut adalah sang pelukis itu sendiri yang reaktif terhadap perubahan kondisi alam dan menutup kedua telinganya akibat mendengar jeritan alam.


5. Lukisan Guernica
Guernica adalah karya lukis terkenal yang dibuat oleh salah satu pelopor karya seni modern abad 20 dengan aliran Kubisme, Pablo Picasso. Sang pelukis berasal dari Kota Malaga Spanyol dan menyelesaikan lukisan ini pada Juni 1937. Lukisan ini sekarang berada di Museo Reina Sofia di Madrid.
Sumber gambar: nationalgeographic.grid.id
Karya lukis ini berperan untuk menyampaikan kritik di masa perang, sehingga memiliki pesan yang paling mengharukan dan paling kuat dalam sejarah. Terlihat jelas dalam gambar tersebut terdapat orang yang menderita karena kekerasan dan kerusakan. Gambar yang paling menonjol adalah kuda yang mengamuk, banteng dan api.


6. Lukisan Girl with a Pearl Earring
Girl with a Pearl Earring atau dalam bahasa Belanda Het Meisje met de Parel yang artinya Perempuan dengan anting-anting Mutiara merupakan adikarya dari seniman Lukis yang berasal dari Belanda. Jan Vermeer. Lukisan ini dibuat pada tahun 1665 dan beraliran Realisme. Saat ini lukisan ini disimpan di galeri Mauritshuis, Den Haag.
Sumber gambar: dictio.id
Lukisan ini mendapat julukan Mona Lisa dari Utara atau Monalisa dari Belanda. Ini adalah lukisan sensual dengan gadis itu menatap penampil dengan mata lebar dan mulut terbuka dan ada suasana misteri seputar identitasnya. Objek yang menjadi sorotan dalam lukisan ini adalah anting-anting mutiara. Ada sumber yang mengatakan bahwa objek lukisan tersebut adalah anak perempuan dari sang pelukis, namun informasi tersebut belum akurat dan masih bersifat misterius.


7. Lukisan Caffe Terrace of Night
Lukisan Caffe Terrace of Night atau dalam bahasa Prancis Teras Kafe di Place du Forum adalah karya lukis dari seniman terkenal Belanda Vincent van Gogh yang ia buat pada 16 September 1888 pada saat ia berkunjung ke kota Arles di Prancis. Lukisan beraliran Ekspresionisme ini berada di Kröller-Müller Museum di Otterlo, Belanda.
Sumber gambar: id.flitto.com
Pada Lukisan ini Sang Pelukis memamerkan kehangatan warna dan kedalaman perspektif dari kafe Arles tersebut. Warna yang di gunakan sesuai ciri khas Van Gogh dengan di dominasi warna kuning, orange, biru, dan merah. Ada keunikan dalam lukisan ini yaitu, Van Gogh mengirim surat yang berisi pesan romantis “di sinilah kamu akan melihat malam yang tidak terlihat gelap, kamu akan lihat awan berwarna biru yang sangat indah.


8. Lukisan Luncheon of the Boating Party
Luncheon of the Boating Party adalah hasil karya seniman lukis asal Prancis Pierre-Auguste Renoir. Lukisan ini beraliran Impersionisme, Realisme, Romantisme yang memang cukup gandrungi para seniman lukis saat itu. Karya seni lukis ini dipamerkan di Museum The Phillips Collection di Washington, D.C.
Sumber gambar: fineartamerica.com
Lukisan ini memperlihatkan kekayaan bentuk, figur, dan lansekap. Lukisan ini menggambarkan sekelompok teman Renoir yang sedang bersantai di sebuah balkon tepi sungai Seine di restoran Fournaise Maison di Chatou. Lukisan itu juga mencerminkan perubahan karakter masyarakat Prancis pada pertengahan sampai akhir abad 19.


9. Lukisan From The Lake
Lukisan From The Lake adalah karya lukis Georgia O’Keeffe yang berasal dari Amerika Serikat. Lukisan ini dia buat pada tahun 1924. Lukisan ini beraliran Abstrak. Lukisan beliau saat ini dipamerkan di Museum seni di Arizona, Amerika.
Sumber gambar: pinterest.com
Lukisan ini mengambil objek danau George, New York. Lukisannya berkarakteristik warna cerah serta tajam menunjukkan keindahan, terinspirasi dari alam benda disekitar. Pada lukisan ini nampak sebuah ombak bersama dengan warna yang dikombinasikan sedemikian rupa agar mirip sebuah lukisan abstrak.


10. Lukisan The Last Supper
Lukisan The Last Supper atau dalam bahasa Italia Il Cenacolo adalah Karya Fenomenal yang dihadirkan oleh Seniman Leonardo Da Vinci pada kisaran tahun 1495 – 1496. Lukisan yang memiliki paduan aliran realisme dan romantisme ini benar-benar memiliki banyak misteri yang dihadirkan oleh pelukis. Lukisan ini dibuat pada mural didinding gereja.
Sumber gambar: kupang.tribunnews.com
Lukisan ini menggambarkan suasana Perjamuan Terakhir Yesus dengan para rasulnya, seperti yang diceritakan dalam Injil Yohanes. Leonardo telah melukiskan kekhawatiran yang terjadi di antara Dua Belas Murid ketika Yesus mengumumkan bahwa salah satu dari mereka akan mengkhianatinya. Lukisan ini banyak diduplikasi untuk menjadi pajangan di rumah-rumah maupun dekorasi interior gereja di seluruh dunia.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter